Kamis, 21 Maret 2024

Odoo - Sistem ERP Odoo.

    
Odoo CRM
                Source Sumber form google.com


            Sistem ERP Odoo - Merupakan salah satu aplikasi ERP Yang berbasis Open Souerce. Odoo adalah aplikasi yang berasal dari luar negri CEO Odoo Sendiri bernama FABIEN PINCKAERS. Odoo sendiri release pada tahun 2005 dan mulai berkembang nama pada tahun 2020, odoo merupakan aplikasi Open Source yang menggunakan bahasa Python dan Javascript. Kenapa harus memilih Odoo ? odoo banyak diminati oleh para pembisnis retailer saat ini karena UI/UX yang sangat user friedly dan mudah di kembangkan atau dimodifikasi dengan struktur Odoo Framework. Odoo juga menyediakan versi comunity dan versi enterpice.

Apa itu odoo Framework

    Odoo frame work merupakan salah satu kerangka kerja yang di bagun atas pemrograman Python dan Javascript yang beracu pada Oriented-Object. Dengan Begitu Pada developper akan sangat mudah untuk mengembangkan odoo dengan mengintegrasikan dengan modul - modul odoo.  

Modul Utama Odoo Untuk Bisnis Retailer

     Modul yang utama dalam aplikasi Odoo memanglah sangat banyak Odoo sendiri sampai saat ini masih terus menggembangkan modul - modul nya supaya mudah untuk digunakan oleh user. Salah satu contoh modul odoo yang cocok dalam bisnis retailer adalah modul POS, SALE, INVENTORY, CONTACT dan lain -lain. Odoo juga menyediakan Platform untuk menjual atau mencari modul tambahan di Odoo APPS Store yang memang di sediakan oleh Odoo untuk para developer menjual modul yang dia Bikin.


Strutur Unggulan Odoo


1. Modular

    Modular - odoo sendiri dibentuk dengan sistem modular atau biasa disebut dengan addons, addons sendiri sangan memudahkan untuk pengembang menambah ataupun memodifikasi addons - addons yang ada di odoo untuk di kembangan ataupun untuk di integrasikan dengan modul customize dari si pengembang tersebut.

2.Tampilan yang dinamis
   
   Tampilan yang dinamis - odoo menggunakan tampilan yang dinamis dengan dukungan XML untuk menggambarkan tata letak antarmuka supaya enak dilihat oleh user.

3. Keamaan

   Keamaan - Keamaan pada odoo sangatlah kuat untuk mengendalikan akses user - user ke modul tertentun dengan menggunakan hak akses atau grub untuk membatasi hak akses user.

4.Integrasi Marketplace

   Integrasi Marketplace - odoo merupakan salah satu platform aplikasi penjualan yang sangat mudah di integrasikan dengan marketplace dengan ada modul tambahan untuk mengintegrasikan dengan berbagai marketplace seperti Shoppe dan Toko pedia.



Odoo - Biografi Fabien Pinckaers

Source foto from odoo - biografi fabien pickers Fabien pinckears - Mulia mengabungkan kecintaannya pada bisnis dan teknologi sejak usia din...